√ Mengenal Lebih Dekat Asuransi Umum dan Manfaatnya - Sahabat Inspirasi

Mengenal Lebih Dekat Asuransi Umum dan Manfaatnya

Asuransi adalah salah satu produk perlindungan yang sampai saat ini belum banyak orang tahu manfaatnya. Hal ini bisa jadi karena kurangnya informasi dan edukasi mengenai manfaat asuransi itu sendiri.


Apa Itu Asuransi?


Apa Itu Asuransi

Pengertian asuransi sendiri adalah perjanjian yang terjadi antara pihak asuransi dengan pihak nasabah yang tertanggung. Pihak penanggung alias perusahaan atau lembaga asuransi akan memberikan penggantian atau pertanggungan jika terjadi sesuatu pada tertanggung.

Bisa juga pengertiannya yaitu, pihak asuransi akan mengganti kerugian nasabah apabila terjadi sesuatu yang tak diinginkan. Sedangkan nasabah yang menjadi tertanggung punya kewajiban membayar iuran asuransi.

Premi asuransi adalah total uang yang harus dibayarkan tiap-tiap nasabah yang telah terdaftar di lembaga asuransi yang menjadi penanggung. Biasanya jumlah premi yang wajib dibayarkan per bulannya telah ditentukan pihak asuransi.

Asuransi memang menawarkan banyak manfaat,, seperti untuk perlindungan finansial terhadap berbagai macam resiko kerugian, untuk penyimpanan dana secara aman dan memberikan jaminan proteksi di masa depan kepada keluarga.
 

Jenis Asuransi Berdasarkan Prinsip Pengelolaannya


Jika berdasarkan prinsip pengelolaannya, jenis asuransi terbagi ke dalam dua jenis, yaitu asuransi konvensional dan syariah. Asuransi konvensional mengutamakan konsep transfer risk atau jual beli resiko.

Ini artinya tujuan dari pembayaran premi peserta asuransi sendiri yaitu mengalihkan resiko keuangan atau finansial ke pihak perusahaan asuransi.

Berbeda dengan asuransi konvensional, asuransi syariah mempunyai prinsip pengelolaan berbasis sharing risk. Artinya sebuah upaya untuk saling tolong menolong maupun saling melindungi para peserta dari asuransi melalui penegakkan hukum sesuai syariat agama Islam.
 

Jenis-jenis Asuransi Berdasarkan Manfaatnya


Di negara Indonesia telah tersedia banyak pilihan jenis asuransi, sehingga para nasabah nantinya diberi keleluasaan untuk memilih sesuai kebutuhan.

Asuransi Jiwa


Asuransi ini memberikan pertanggungan terhadap kematian dari nasabah pemilik asuransi yang mempunyai nilai keuangan. Menawarkan fungsi finansial terhadap pihak tertanggung ketika tertanggung meninggal dunia.

Asuransi Kendaraan


Asuransi mobil atau kendaraan bermotor merupakan asuransi yang menawarkan jaminan perlindungan untuk kendaraan bermotor apabila terjadi resiko tertentu yang mengakibatkan kerusakan. Beberapa diantaranya kecelakaan, kerusakan atau hilang.

Asuransi Kesehatan


Asuransi kesehatan memberikan jaminan proteksi berbagai macam masalah kesehatan akibat kecelakaan maupun penyakit.

Asuransi yang satu ini dapat menawarkan proteksi dengan cara memberikan jaminan berupa biaya perawatan dan kesehatan tertanggung apabila mengalami kecelakaan atau jatuh sakit.

Asuransi ini juga termasuk yang paling banyak digunakan manfaatnya, bahkan ada beberapa asuransi kesehatan terbaik di Indonesia yang dapat dipilih nasabah.

Asuransi Pendidikan


Merupakan jenis asuransi dengan menawarkan jaminan perlindungan untuk pihak yang tertanggung dalam menawarkan jaminan pendidikan kepada anak yang memegang polis asuransi.

Asuransi Properti


Asuransi jenis ini menawarkan jaminan proteksi untuk pemilik bangunan properti apabila terjadi kerusakan. Menawarkan jaminan perlindungan terhadap barang yang ada di rumah.

Selain kelima asuransi di atas, masih banyak jenis-jenis dari asuransi lainnya, seperti asuransi perjalanan, asuransi bisnis dan lainnya yang masing-masing memiliki kegunaan atau tujuan yang berbeda.

Mengenal manfaat dan jenis-jenis asuransi adalah kunci paling penting agar Anda bisa memahami manfaat asuransi itu sendiri. Sehingga bisa memilih asuransi yang tepat sesuai kebutuhan.

Get notifications from this blog