Seminar Golden Heart

Seminar Inspirasi Hidup Menghadapi UN di SMPN 4 Bogor dengan peserta 250 orang. More »

Pelatihan Golden Heart Bekerja Dengan Nurani

Pelatihan para pimpinan Bank BPR se-Sumatera Barat. Selama 2 hari di Bukit Tinggi - Sumatera Barat More »

LDKS SMP Suluh Jakarta

Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS & Ketua Ekskul SMP Suluh-Jakarta. Bersama CagiCenter.com More »

Muhasabah Golden Heart

Muhasabah para guru dan staf SMPN 6 Bogor. Puncak-Bogor More »

Bersama Santri Daarul Multazam

Santri Penghafal Al-Quran Daarul Multazam, untuk santri yatim dhuafa BEBAS BIAYA. Salurkan Sedekah sobat untuk Kebutuhan dan Pengembangan Para Santri sebagai generasi penerus bangsa | Rek an. Yay. Daarul Multazam Mandiri #BSM 7052479805 #BTN Syariah 7473000307 | www.DaarulMultazam.com More »

 

Wajibkah Umroh

Kali ini banyak yg bertanya sebenarnya umroh itu wajib gak sih?

Dalam masalah ini ada khilaf (silang pendapat) di antara para ulama. Ulama Malikiyah, kebanyakan ulama Hanafiyah berpendapat bahwa ‘umroh itu sunnah muakkad, yaitu ‘umroh sekali seumur hidup.

Sebagian ulama Hanafiyah lainnya berpendapat bahwa ‘umroh itu wajib sekali seumur hidup karena menurut istilah mereka sunnah muakkad itu wajib.

Pendapat yang paling kuat dari Imam Syafi’i, juga menjadi pendapat ulama Hambali, ‘umroh itu wajib sekali seumur hidup. Imam Ahmad sendiri berpendapat bahwa ‘umroh tidak wajib bagi penduduk Makkah karena rukun-rukun ‘umroh yang paling utama adalah thowaf keliling Ka’bah. Mereka, penduduk Makkah, sudah sering melakukan hal ini, maka itu sudah mencukupi mereka.

Ulama Hanafiyah dan Malikiyah berdalil bahwa ‘umroh itu hukumnya sunnah dengan dalil,

حديث جابر بن عبد اللّه رضي الله عنهما قال : « سئل رسول اللّه صلى الله عليه وسلم عن العمرة أواجبة هي ؟ قال : لا ، وأن تعتمروا هو أفضل » .

Hadits Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya mengenai ‘umroh, wajib ataukah sunnah. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Tidak. Jika engkau berumroh maka itu afdhol.” (HR. Tirmidzi no. 931, sanad hadits ini dho’if sebagaimana kata Syaikh Al Albani)

وبحديث طلحة بن عبيد اللّه رضي الله عنه : « الحجّ جهاد والعمرة تطوّع » .

Hadits Tholhah bin ‘Ubaidillah radhiyallahu ‘anhu, “Haji itu jihad dan ‘umroh itu tathowwu’ (dianjurkan).” (HR. Ibnu Majah no. 2989, hadits ini dho’if sebagaimana kata Syaikh Al Albani)

Sedangkan ulama Syafi’iyah dan Hambali berpendapat bahwa ‘umroh itu wajib sekali seumur hidup dengan alasan firman Allah Ta’ala,

وَأَتِمُّواْ الْحَجَّ وَالْعُمْرَةَ لِلّهِ

“Dan sempurnakanlah ibadah haji dan ‘umrah karena Allah.” (QS. Al Baqarah: 196). Maksud ayat ini adalah sempurnakanlah kedua ibadah tersebut. Dalil ini menggunakan kata perintah, hal itu menunjukkan akan wajibnya haji dan umroh.

Juga dalil lainnya adalah,

وبحديث عائشة رضي الله تعالى عنها قالت : « قلت : يا رسول اللّه هل على النّساء جهاد ؟ قال : نعم ، عليهنّ جهاد لا قتال فيه : الحجّ والعمرة » .

Dengan hadits ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata, “Wahai Rasulullah, apakah wanita juga wajib berjihad?” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Iya. Dia wajib berjihad tanpa ada peperangan di dalamnya, yaitu dengan haji dan ‘umroh.” (HR. Ibnu Majah no. 2901, hadits ini shahih sebagaimana kata Syaikh Al Albani). Jika wanita saja diwajibkan ‘umroh karena itu adalah jihad bagi wanita muslimah, lantas bagaimanakah dengan pria?

Pendapat yang terkuat dalam hal ini, ‘umroh itu wajib bagi yang mampu sekali seumur hidup. Sedangkan pendapat yang menyatakan hukumnya sunnah (mu’akkad) berdalil dengan dalil yang lemah (dho’if) sehingga tidak bisa dijadikan hujjah. Jadi bagi yang mampu, sekali seumur hidup berusahalah tunaikan umroh. Namun perlu diketahui bahwa ibadah ‘umroh ini bisa langsung ditunaikan dengan ibadah haji yaitu dengan cara melakukan haji secara tamattu’ atau qiran. Karena dalam haji tamattu’ dan haji qiran sudah ada ‘umroh di dalamnya. Wallahu a’lam.

Semoga Allah memberikan kemudahan untuk kita berhaji dan ‘umroh.. aamiin..

Salam,

helmi & emilia

Pondok Tahfizh Daarul Multazam

———————

Reference: Al Mawsu’ah Al Fiqhiyah, index: ‘Umroh, 30/314, terbitan Kementrian Agama dan Urusan Islam, Kuwait

Catatan Perjalanan Waktu5

catatan perjalanan waktu sahabat inspirasiSudah lama gak menyapa teman2 semua ya di CPW (Catatan Perjalanan Waktu), apa kabar semuanya? Semoga dalam keadaan sehat dan sukses ya..

Beberapa waktu lalu sy ditanya begini, “tadz, kalau kita sudah jaga sholatnya, Dhuha juga, tahajjud sudah, bakti ke orangtua sudah, sedekah, baik sama orang sudah, ngomongin orang nggak, lalu nggak berubah juga keadaan keuangan dan usaha dagangan dan karir kita, kurang apanya ya?”

Hotel Unik dan Menakjubkan

hotel unik dan menakjubkan1
Hotel unik dan menakjubkan. (Matador Network)

Liputan6.com, Jakarta - Keahlian para interior designer semakin menonjol di era modern ini. Dibuktikan melalui beberapa hotel di beberapa negara di seluruh dunia yang memiliki desain kamar sangat menarik. Mungkin yang tidak pernah terpikirkan oleh orang lain.

Setiap negara tersebut berusaha mengadopsi atmosfer yang sesuai untuk desainkamar hotel tersebut, agar senada dan seirama dengan lingkungan di sekitarnya.

Berikut beberapa di antaranya:

Jurus Jitu Dekati Allah

bersyukur dan yakin cara jitu dekati AllahGak tau kenapa rasanya kok begini-gini aja ya.

“Apanya?”

“Ya… hidupnya, rejekinya, kerjaan saya juga, padahal saya sudah usaha ngerubah ibadah, sekarang nih sholat saya ga ditinggal lagi, puasa senen kamis, dhuha, tahajjud juga, ya sebenernya sih emang gak boleh ya putus asa, tapi ini mah bukan putus asa sih tapi saya bingung aja.”

Pemanfaatan Hasil Sembelihan Qurban yang Dibolehkan

Pemanfaatan Hasil Sembelihan Qurban yang DibolehkanAllah Ta’ala berfirman,

لِيَشْهَدُوا مَنَافِعَ لَهُمْ وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ فِي أَيَّامٍ مَعْلُومَاتٍ عَلَى مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الأنْعَامِ فَكُلُوا مِنْهَا وَأَطْعِمُوا الْبَائِسَ الْفَقِيرَ

Supaya mereka menyaksikan berbagai manfaat bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan atas rezeki yang Allah telah berikan kepada mereka berupa binatang ternak. Maka makanlah sebahagian daripadanya dan (sebahagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara lagi fakir.” (QS. Al Hajj: 28)

Puasa Arafah Saat Wukuf

Bolehkah puasa arafah saat wukufPuasa Arafah Saat Wukuf ?

Yang sekarang menjadi pertanyaan adalah bila kebetulan satu pemerintahan menetapkan tanggal yang berbeda dengan ketetapan pemerintah Saudi Arabia dalam masalah wukuf di Arafah, lalu apakah rakyat yang tinggal di negeri itu ikut puasa dengan tanggal yang ditetapkan pemerintah Saudi, ataukah tetap dengan tanggal yang telah ditetapkan oleh pemerintah negerinya sendiri?

Upah Jagal dan Jatah Panitia dari Hasil Qurban

Upah Jagal dan Jatah Panitia dari Hasil QurbanSebagian jagal (tukang sembelih qurban) kadang mengambil jatah upahnya dari daging sembelihan qurban, walau ia juga sudah mendapatkan jatah bayaran. Kadang juga sebagai upah, jagal tersebut diberi kulit. Terkadang ia pun mendapatkan jatah daging yang lebih dari pembagian lainnya pada masyarakat.